Tips Jitu Dapat Backlink Gratis

SEO (Search Engine Optimization), karena backlink berkualitaslah yang diyakini bisa menentukan rangking dari suatu situs pada SERP (Search Engine Result Page). Tetapi, anda juga perlu ingat bahwa tidak semua backlink berguna bagi situs anda, ada juga backlink yang bisa “menyakiti” situs anda. Backlink yang jelek biasanya berasal dari situs spam, situs search spam dan situs-situs otomatis lainnya. Anda bisa mengatur strategi untuk linkbait (memancing untuk mendapatkan link).

Bertukar Link

Cara Otomatis
Ada beberapa situs yang menawarkan servis saling bertukar becklink secara otomatis antar anggotanya. Salah satu syarat mutlak untuk bisa menggunakan fasilitas ini adalah situs anda harus berbasis PHP atau ASP. Situs yang menawarkan fasilitas ini diantaranya Digitalpoint Co-Op dan RecieveLinks. Anda akan diberikan beberapa baris skrip PHP/ASP yang akan menampilkan link dari partner anda. Anda akan diberikan point setiap kali ada user yang menampilkan link partner anda. Semakin banyak poin yang anda dapatkan, maka akan semakin banyak pula backlink yang akan anda dapatkan.

Cara Manual
Cara ini mungkin sedikit lebih repot dibandingkan cara otomatis. Cara ini biasanya digunakan untuk situs yang berbasis HTML. Tetapi kelebihan dari cara ini adalah kita bisa menyeleksi dan menentukan sendiri situs mana saja yang bisa bertukar link dengan situs kita, sehingga hanya situs yang memiliki topik yang sama dan berkualitas saja yang bertaut ke situs kita. Caranya dengan menghubungi pemilik situs yang kita targetkan. Anda bisa mencari situs target dengan googling atau lewat forum-forum komunitas seperti DigitalPoint, Adsense-ID, resep.web.id, dll.

Membuat Situs Dummy

Situs satu halaman (One Page Site)
Cara ini mungkin cara termudah dalam membuat situs dummy yang dipergunakan untuk mendapatkan backlink. Kita hanya membuat satu artikel saja, tetapi artikel kita harus benar-benar berkualitas agar menciptakan sebuah backlink yang berkualitas pula. Anda bisa membuat situs dummy seperti di Google Pages, Squidoo ataupun Geocities. Bisa juga anda membuat sebuah artikel di Indobloggers yang didalamnya anda sisipkan link dari situs-situs anda.


Situs Kecil (Small Site)
Biasanya dipergunakan sebagai small site adalah hosting gratisan atau blog network gratis seperti Blogger, WordPress, blog dari Friendster atau Myspace, blogher atau layanan blog gratis lainnya. Small site tidak menuntut update situs terlalu sering asalkan topik yang kita buat masih berhubungan dengan situs utama kita.

Lain-lain (Other Way)

Halaman Profil
Anda bisa menyisipkan backlink pada halaman profil anda. Biasanya jika kita mendaftar pada suatu forum komunitas atau servis bersama, anda akan diberikan halaman profil yang bisa menyimpan link situs anda. Contoh: Mybloglog, Forum Digitalpoint, Kaskus Forum, Forum Indonesia, dll.

Signature
Signature adalah beberapa baris kalimat yang diberikan oleh forum atau email yang berguna untuk mencerminkan siapa anda secara singkat. Anda bisa menggunakan fasilitas ini untuk menyisipkan link situs anda. Berilah kalimat yang menarik pada link signature anda, sehingga dapat menarik orang untuk meng-klik link tersebut.

Social Bookmarking
Walaupun hasilnya tidak terlalu terlihat, tetapi cara ini masih diyakini dapat menghasilkan trafik dan tentu saja backlink. Anda bisa mempertimbangkan berbagai macam social bookmarking yang menurut anda cocok untuk situs anda. Social Bookmarking yang bagis diantaranya Digg, Del.icio.us, Stumbleupon, Kombes Bookmarking, Lintas Berita, LikeCount.Com, dll.

Komentar
Beberapa blog (terutama blog berbasis wordpress) sengaja memberikan penghargaan khusus terhadap para komentatornya, dengan cara menghilangkan atribut nofollow (yang merupakan bawaan wordpress) pada sistem komentar blognya. Dengan demikian blog-blog ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber backlink gratis dengan hanya memberikan komentar kedalam blog tersebut (jangan spam tentunya). Indobloggers sendiri mempergunakan sistem makilah daku kau ku kejar

Memang banyak cara-cara untu mendapatkan backlink, untuk Yahoo! dan MSN, reputasi link mungkin tidak terlalu berpengaruh (belum), tetapi bagi Google, reputasi link sangatlah berpengaruh. Jadi jika anda ingin memiliki link untuk jangka panjang dan mempunyai pengaruh yang besar, ada baiknya anda memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi reputasi dari sebuah link.
resep.web.id

Related Post:

12 comments:

Visys mengatakan...

Nice share gan,,,
Tapi lumayan susah jg ya cara dapetin backlink yg banyak...

Afoed'z mengatakan...

Yang jlas harus sabar n pantang mnyerah sob...hee

Software House Production mengatakan...

Info yang menarik...mas. Memang kudu sabar kalau mau dapat backlink banyak

Afoed'z mengatakan...

Setuju sob,,, tetep semangat ya ngeblognya..hee

lulusgita mengatakan...

wah....thanx mas, saya nubie nih...coba deh caranya

alkatro mengatakan...

komplit banget tipsnya makasih sobat :)

Afoed'z mengatakan...

@lulusgita
iya dcoba aja, ne gw jga sama2 newbie,,hee

Afoed'z mengatakan...

@alkatro
yupz, sama-sama sob...

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

tips yang sangat detail dan bermanfaat ...

UNEJ mengatakan...

Thanks tipsnya gan salam kenal n kunjungan dari : UNEJ Jember.

Afoed'z mengatakan...

@BRI Jakarta Veteran
Biar yang baca jelas pak..hee

@UNEJ
Yupz sama2 sob, segera meluncur ke TKP

Traffic Without SEO mengatakan...

yang susah bukan cari backlink yang banyak.. tapi cari yang berkualitas dan satu niche dengan kita.. btw..nice post

Posting Komentar

^_^ Berharap komentar yang bermanfaat dari Anda ^_^