INTERFACE RS-232

SPESIFIKASI
Dalam telekomunikasi, RS-232 adalah sebuah standar untuk serial sinyal data biner menghubungkan antara DTE (Data Terminal Equipment) dan DCE (Data Circuit-terminating Equipment). Ini umumnya digunakan dalam komputer port serial. Serupa ITU-T standar adalah V.24.

Interface RS-232 bersifat synchronous, yaitu berarti membutuhkan timing signals dan extra pin time-out. Jika pada DB-25, interface RS-232 bersifat synchronous maka berbeda halnya dgn DB-9 (konfigurasi 9 pin) yg membuat sistem komunikasi serial menjadi asynchronous. Dalam suatu komunikasi data, kita tidak dapat asal mengirim data saja tetapi kita juga sedikitnya mengerti tentang konsep layer yg tersusun dlm OSI(Open System Interconnection) Model.

Disini RS-232 berada pada layer physical, dimana layer physical memiliki karakteristik sebagai berikut :
- Mengirimkan informasi yg berupa bit ke dalam saluran transmisi baik secara synchronous maupun asynchronous. Pengiriman bit harus dilakukan dgn adanya sinkronisasi bit, yaitu pada asinkronisasi start dan stop bit untuk sinkronisasikan data yg akan dikirim. Sedangkan pada error detection byte digunakan sebagai autentikasi atau pengecekan ulang apakah data yg dikirim benar atau salah(biasanya kesalahan pada saat pengiriman melalui media transmisi)
- Layer physical ini dianggap end point oleh data link karena akan menyambung dan memutus hubungan yg diminta data link. Layer physical menerima data dari layer data link dalam bentuk frame lalu diubah dalam bentuk bit dan baru akan ditransmisikan melalui media transmisi (disebut one bit serial).

Standar sinyal serial RS232 memiliki ketentuan level tegangan sebagai berikut:
• Logika ‘1’ disebut ‘mark’ terletak antara -3 volt hingga -25 volt.
• Logika ‘0’ disebut ‘space’ terletak antara +3 volt hingga +25 volt.
• Daerah tegangan antara -3 volt hingga +3 volt adalah invalid level, yaitu daerah tegangan yang tidak memiliki level logika pasti sehingga harus dihindari. Demikian juga level tegangan lebih negatif dari -25 volt atau lebih positif dari +25 volt juga harus dihindari karena dapat merusak line driver pada saluran RS232.

KONFIGURASI DAN KOMUNIKASI
Pada interface RS-232 ini kita akan mencoba dua device yaitu DTE dan DCE.
-  DTE : Data terminal Equipment sebagai contoh adalah komputer, printer atau mesin pengolah data lainnya.
- DCE: Data Communications Equipment sebagai contoh disini adalah Modem(Modulator Demulator),  FDDI(saluran Fiber Optik), ATM(saluran fiber dgn transmisi ATM), Radio(saluran udara). DCE ini memiliki peran sebagai perantara antara mesin pengolah data dgn saluran transmisi(disebut interfacing). Secara sederhana sistem kerja dari DCE ini adalah menerima deretan sinyal digital dari komputer dan mengubahnya ke dalam bentuk sinyal yg dapat merambat dalam saluran transmisi. DCE memiliki karakteristik sebagai berikut yaitu Physical, Electrical, Procedural, Functional.

Dalam konfigurasi penyambungan, biasanya dibutuhkan konektor yaitu standarnya adalah V24/EIA-232-E(karakteristik physical). Agar sistem dapat mendeteksi dengan tepat karakteristik elemen signal yang bergerak dalam saluran transmisi dibutuhkan sistem pengkodean yang sama(misal NRZ-L) dengan tingkat voltage dan waktu yg dipakai (karakteristik listrik). Sedangkan dalam karakteristik fungsi dibagi menjadi data, kontrol, timing dan status komunikasi dengan tujuan menetapkan fungsi dari masing2 sinyal yang ada. Dan yang terakhir pada karakteristik prosedural yang menentukan rangkaian kejadian pada saat pengiriman data (urutan proses yg terjadi selama pengiriman data).

+ DTE dgn DTE melalui DCE(disini modem)

DTE ---> Modem(DCE) ------> Link <------ Modem(DCE) <--- DTE

+ DTE dengan DTE tanpa modem

DTE ---> Null Modem ----------><------ Null Modem <--- DTE

Buat temen-temen yang pengen mengetahui n mengerti lebih lengkap lagi tentang  interface RS-232 silahkan aja download file rangkumanku DISINI

Related Post:

3 comments:

Dina mengatakan...

makasih ya mas penjelasan n downloadnya..
tetep semangat...

Vina mengatakan...

ga dari dulu2 mas postingnya. Q dulu juga ada tugas ini. tapi ga msalah Q save juga capa tau berguna ntar, thx...

admin mengatakan...

@Dina
You're welcome, semoga bermanfaat ya...

@Vina
Lha kamu ga request c?!?! ^_^

Posting Komentar

^_^ Berharap komentar yang bermanfaat dari Anda ^_^