Global Positioning System (GPS)

Definisi GPS
GPS adalah ruang berbasis sistem navigasi satelit global yang handal yang menyediakan lokasi dan waktu informasi dalam segala cuaca dan pada setiap saat dan dimana saja pada atau dekat bumi di mana ada garis pandang terhalang untuk empat atau lebih GPS satelit. Hal ini dipertahankan oleh Amerika Serikat pemerintah dan bebas diakses oleh siapa saja dengan penerima GPS.
Sistem GPS telah dibuat dan direalisasikan oleh Departemen Pertahanan Amerika (DOD) dan pada awalnya didasarkan pada dan dijalankan dengan 24 Satelit. Ini didirikan tahun 1973 untuk mengurangi jumlah besar alat bantu navigasi dan untuk mengatasi keterbatasan sistem navigasi sebelumnya.



Struktur GPS
GPS terdiri dari tiga bagian: segmen angkasa, segmen kontrol dan segmen pengguna. Angkatan Udara AS mengembangkan, mengelola, dan mengoperasikan ruang dan segmen kontrol. satelit GPS siaran sinyal dari ruang angkasa, yang masing-masing penerima GPS digunakan untuk menghitung dimensi tiga lokasi (lintang, bujur, dan ketinggian) ditambah waktu saat ini.
Segmen angkasa terdiri dari 24-32 satelit di orbit bumi menengah dan juga mencakup para pendukung yang diperlukan untuk memulai mereka ke orbit. Segmen kontrol terdiri dari sebuah stasiun kontrol induk, sebuah stasiun master kontrol alternatif, dan sejumlah berdedikasi dan berbagi antena tanah dan memantau stasiun. Segmen pengguna terdiri dari ratusan ribu pengguna AS dan sekutu militer dari GPS Precise Positioning Service aman, dan puluhan juta, komersial, dan ilmiah pengguna sipil Standard Positioning Service (lihat navigasi perangkat GPS ). 

Cara Kerja GPS 
Navigasi satelit didasarkan pada jaringan global satelit yang mengirimkan sinyal radio di orbit bumi menengah. Pengguna Navigasi satelit paling akrab dengan 24 Global Positioning System (GPS) satelit. Amerika Serikat, yang mengembangkan dan mengoperasikan GPS, dan Rusia, yang mengembangkan sistem serupa yang dikenal sebagai GLONASS, telah menawarkan sistem bebas menggunakan masing-masing kepada masyarakat internasional. Internasional Organisasi Penerbangan Sipil (ICAO), serta kelompok-kelompok pengguna internasional, telah menerima GPS dan GLONASS sebagai inti untuk kemampuan navigasi satelit sipil internasional dikenal sebagai Global Navigation Satellite System (GNSS).

Layanan GPS dasar menyediakan pengguna dengan akurasi sekitar 100 meter, 95% dari waktu, di mana saja pada atau dekat permukaan bumi. Untuk mencapai hal ini, masing-masing 24 satelit memancarkan sinyal ke alat penerima yang menentukan lokasi mereka dengan menghitung perbedaan antara waktu sinyal yang dikirim dan diterima waktu membawa. GPS satelit jam atom yang menyediakan waktu yang sangat akurat. Waktu Informasi ditempatkan dalam kode yang disiarkan oleh satelit sehingga penerima dapat terus menentukan waktu sinyal disiarkan. Sinyal berisi data yang penerima digunakan untuk menghitung lokasi satelit dan melakukan penyesuaian lainnya yang diperlukan untuk penentuan posisi yang akurat. Penerima menggunakan perbedaan waktu antara waktu penerimaan sinyal dan waktu siaran untuk menghitung jarak, atau jangkauan, dari receiver ke satelit. Penerima harus rekening atas keterlambatan propagasi, atau penurunan kecepatan sinyal yang disebabkan oleh ionosfer dan troposfer. Dengan informasi tentang berkisar di tiga satelit dan lokasi satelit ketika sinyal dikirim, penerima dapat menghitung sendiri dimensi tiga posisi sinyal. Atom Jam disinkronisasi ke GPS diperlukan untuk menghitung berkisar antara ketiga. Namun, dengan mengambil pengukuran dari satelit keempat, penerima menghindari kebutuhan untuk jam atom. Dengan demikian, penerima menggunakan empat satelit untuk menghitung lintang, bujur, ketinggian, dan waktu.

Aplikasi GPS
GPS telah menjadi banyak digunakan bantuan untuk navigasi di seluruh dunia, dan tool yang berguna untuk pembuatan peta , pengukuran tanah , perdagangan, menggunakan ilmiah, pelacakan dan pengawasan, dan hobi seperti geocaching dan waymarking. Referensi yang diberikan oleh GPS digunakan dalam berbagai aplikasi termasuk studi ilmiah dari gempa bumi dan sebagai sumber sinkronisasi waktu untuk protokol jaringan selular.


Sistem Segmentasi
• Segmen space
• Segmen control
• Segmen pengguna

Frekuensi Satelit
• L1 (1575,42 MHz ): Bauran Navigasi Message, kasar-akuisisi (C / A) kode dan  terenkripsi presisi P (Y) kode, ditambah dengan baru L1C pada masa depan satelit Blok III.
• L2 (1227.60 MHz): P (Y) kode, ditambah yang baru L2C kode di Blok IIR-M dan satelit  yang lebih baru sejak tahun 2005.
• L3 (1381.05 MHz): Digunakan oleh Peledakan Nuklir (NUDET) Detection System  Payload (NDS) menjadi sinyal deteksi ledakan nuklir dan energi tinggi lainnya peristiwa  inframerah. Used to enforce nuclear test ban treaties. Digunakan untuk menegakkan  perjanjian larangan uji nuklir.
• L4 (1379,913 MHz): Menjadi dipelajari untuk koreksi ionosfer tambahan.
• L5 (1176,45 MHz): Usulan untuk digunakan sebagai of-sipil-kehidupan keselamatan  (SOL) sinyal. Frekuensi ini jatuh ke dalam berbagai dilindungi secara internasional untuk navigasi aeronautika, menjanjikan gangguan sedikit atau tidak ada dalam semua keadaan.   Blok pertama IIF satelit yang akan memberikan sinyal ini diatur akan diluncurkan pada tahun 2010.

Related Post:

1 comments:

kisah abu nawas mengatakan...

salam sob..
thanks sharenya
hpku masih belum ada GPS nya

Posting Komentar

^_^ Berharap komentar yang bermanfaat dari Anda ^_^